Senin, 12 Maret 2012

Cara Menginstal LiveUSB via Windows XP
Menggunakan LiveUSB creator dari fedora (donlot di sini)
3. Menginstal melalui distro lain (ubuntu misalnya):
Jika menggunakan distro lain bisa melalui software yang dapat di download di http://unetbootin.sourceforge.net/
Dari ketiga cara di atas, saya lebih memilih cara ke 2, karena menurut saya cara ini merupakan paling mudah dan terbukti berhasilsmile yahoo  jadi saya memilih untuk mendownload software LiveUSB Creator tersebut dan beginilah cara menginstalnya:
usb creator
1. buka di mana tempat menaruh iso linux IGOS Nusantara-nya
2. Pilih Drive untuk membuat LiveUSB
3. Jika ingin membuat IGOS Nusantara sebagai Portabel OS bisa dibuat partisi untuk menyimpan file
4. Tunggu beberapa saat. Di mesin Core2Duo T5500 dengan RAM 3GB saya hanya membutuhkan kurang dari 5 menit hingga proses tersebut selesai
5. Restart dan pindahkan Boot komputer ke USB hingga muncul GRUB dari IGOS Nusantara. pilih saja untuk melihat LiveCD-nya dan tunggu hingga muncul desktop
Gambar-Layar
Saya kemudian mencoba membiasakan diri dengan desktop environment terbaru dari Gnome  ini yang bernama gnome shell (akhirnya kesampaian dance keylock)
melihat isi dan jumlah software-nya ternyata sudah lumayan lengkap-kap-kap loh woot
Gambar-Layar-1
Untuk ukuran LiveUSB benar-benar luar biasa! saya tidak perlu lagi pusing-pusing donlot satu per satu seperti setiap kali saya menginstal ubuntu. Untuk urusan Internet, Browser sudah Firefox 5.0, untuk download manager pun sudah ada! bahkan untuk download di ftp ada filezilla! Ada GIMP dan INKskape untuk manipulasi gambar, bahkan untuk laptop adik saya yang HP, distro ini sudah menyediakan prasarana bagi HP tongue_002
Masih dalam mode LiveUSB (belum diinstal) saya mencoba internet via Network Manager-nya. Ternyata tidak terlalu beda Network Manager-nya,  Semakin mudah loh settingnya (kalau masalah kestabilan belum teruji sih), karena ada semacam tombol geser On dan Off. lebih modern lah.
Gambar-Layar-3
Yang menarik dari Firefox 5.0 yang terdapat pada IGOS Nusantara 2011 ini adalah sudah full add-on! Jadi kita tidak perlu lagi repot mendownload add-on karena pihak pengembang rupanya sudah memikirkan sampai sejauh itu! wow kagum
 Gambar-Layar-2

Nah sekian dulu yah sedikit review dari saya. untuk performa, response, dan masalah kompabilitas nanti saya akan ulas lagi lebih dalam di posting berikutnya setelah saya instal ke dalam Harddisk.
Bagaimana Berminat dengan Distro Linux bikinan Anak Bangsa ini? Silahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar